Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Kita Berkenalan Dengan Tanaman Puring Red Crazy

 

puring red crazy

Semenjak pandemi covid-19 melanda di akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 lalu, kegiatan bercocok tanam pun semakin diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat bercocok tanam menjadi salah satu kegiatan yang paling tepat untuk mengisi kekosongan waktu selama kita berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Kegiatan bercocok tanam tersebut sangat bervariasi, mulai dari penanaman sayuran hidroponik, buah-buahan, hingga tanaman hias. Namun, tampaknya menanam tanaman hias lebih banyak diminati karena memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan serta perawatannya yang tergolong mudah.

Dari sekian banyaknya jenis tanaman hias yang ada di Indonesia, puring pun menjadi salah satu tanaman hias terpopuler. Ya, terang saja demikian, sebab tanaman puring memiliki tingkat keindahan yang begitu sempurna, mulai dari bentuk daun, warna, hingga coraknya.

Bukan hanya itu, bahkan tanaman puring terdiri dari banyak jenis yang mana masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri lho.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu jenis tanaman puring, yakni Puring Red Crazy. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

 Tanaman Puring Red Crazy

Puring atau juga croton memiliki istilah latin, yakni Codiaeum Variegatum Bi. Ciri khas dari tanaman puring ini tanaman berdaun dan tidak memiliki bunga. Tampilan daun puring sangat berbeda dengan jenis daun pada umumnya, dimana daun puring mengusung perpaduan warna dan corak yang begitu indah.

Adapun mengenai berbagai varian warna daun puring, mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, biru, ungu, dan masih banyak lagi. Tak cuma itu, bahkan dalam satu daun saja bisa terdiri dari beberapa macam warna.

Apalagi ditambah dengan corak-corak pada permukaan daunnya, sehingga tampilan tanaman puring ini benar-benar eksotis. Menurut informasi yang di dapat, keberadaan tanaman puring itu sendiri sudah sejak lama ada di Indonesia.

Karakteristik Puring Red Crazy

Puring Red Crazy menjadi salah salah satu jenis puring yang paling banyak diminati dipasaran. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Puring Red Crazy mengusung tampilan yang begitu sedap dipandang. Sehingga tak heran, jika Puring Red Crazy sangat berbeda dengan jenis puring lainnya. 

Mengenai karakteristiknya, Puring Red Crazy yang masih berusia muda tampil dengan perpaduan warna hijau dan kuning. Setelah usianya matang, maka warnanya akan berubah menjadi merah ehitaman yang membuatnya semakin eksotis. 

Ukuran daun Puring Red Crazy cukup lebar dengan bentuk memanjang, sedangkan bagian ujungnya cenderung melancip. Tak cuma itu, biasanya Puring Red Crazy akan ditanam melalui media tanah dan pot yang ditempatkan di area teras rumah. 

Pasalnya, tanaman Puring Red Crazy membutuhkan banyak pencahayaan guna mendukung pertumbuhannya. Namun, bukan berarti juga bahwa Puring Red Crazy harus terkena sinar matahari secara langsung.

Umumnya tanaman puring tumbuh di area pekarangan, pinggir jalan, hingga area pemakaman. Itu sebabnya, mengapa tanaman puring awalnya selalu dianggap remeh. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak masyarakat yang mulai menyadari tingkat keindahan pada tanaman puring.

Tak lama kemudian, tanaman puring pun mulai banyak dibudidayakan dan dijadikan sebagai tanaman hias yang memiliki nilai ekonomis menjanjikan. Biasanya tingkat kemahalan harga puring akan dinilai dari hasil warna serta bentuknya.

Mitos Tentang Tanaman Puring

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tanaman puring kerap tumbuh di area pekarangan dan area pemakaman. Nah, karena faktor tersebutlah yang membuat tanaman puring selalu di identikan dengan dunia-dunia mistis. 

Padahal, dari segi bentuk dan warna tanaman puring ini jauh dari kata menyeramkan. Hingga sampai sampai sekarang ini, masih ada saja sebagian dari masyarakat yang menganggap bahwa tanaman puring memiliki unsur-unsur mistis menakutkan. 

Berbanding terbalik, justru tanaman puring memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Adapun mengenai beragam manfaatnya seperti berikut :

Sebagai Obat Sakit Perut

Manfaat pertama dari tanaman puring drupadi yang harus anda ketahui, yakni dapat meredakan sakit perut. Mengenai pengobatannya, kamu hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun puring yang masih muda.

Setelah itu cuci daun puringnya sampai bersih dengan air mengalir, lalu tumbuk hingga halus. Jika teksturnya sudah halus, oleskan pada area perutmu yang terasa sakit.

Untuk Meluruhkan Keringat

Selain mampu meredakan sakit perut, ternyata daun puring juga bermanfaat untuk meuluruhkan keringat lho. Caranya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya tinggal meminum air rebusan tersebut secara rutin sampai keringatnya keluar dengan normal.

Mampu Menghentikan Penyakit Sipilis

Menurut para pakar kesehatan, yang menyebutkan bahwa kandungan zat pada puring mampu menghentikan penyakit sipilis. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, maka kamu harus memanfaatkan bagian batangnya.

Sediaan batang puring lalu rebus dengan 5 gelas air. Pastikan air jumlah rebusan tadi disisakan setengah dari jumlah awalnya. Angkat dan tiriskan, lalu minumlah sampai habis sebanyak 3 kali sehari. Apabila rasanya terlalu pahit, anda bisa menambahkan gula pasir atau susu kental manis kedalamnya.

Mengatasi Masalah Cacingan

Manfaat berikutnya dari tanaman puring, yakni dapat mengatasi masalah cacingan. Siapkan ranting puring secukupnya kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu angkat dan tiriskan, lalu minumlah air rebusan tadi sampai habis sebanyak 3 kali dalam sehari.

Demikianlah ulasan singkat seputar tanaman puring Red Crazy beserta seluk-beluknya, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan referensi. 

Untuk kamu yang ingin tahu daftar harga puring, silahkan kunjungi ReviewDaftar Harga Tanaman Puring 2021


Posting Komentar untuk "Mari Kita Berkenalan Dengan Tanaman Puring Red Crazy"