Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan Tanaman Puring Drupadi

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan yang paling tepat untuk mengisi waktu kekosongan selama berada dirumah saja. Ya, terlebih semenjak pandemic covid-19 yang melanda di awal 2020 lalu, sehingga merawat tanaman hias pun semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Banyaknya jenis-jenis tanaman hias yang tersedia, tentu saja akan memudahkan kita dalam memilihnya sesuai keinginan. Berkat wujud dan karakteristiknya yang berbeda, secara otomatis keberadaan tanaman hias tersebut akan memperindah tampilan rumah kita.

Seperti halnya tanaman hias puring yang memang saat ini tengah banyak digandrungi oleh para pecinta tanaman hias diseluruh tanah air.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu jenisnya yang bernama puring drupadi. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Tanaman Puring Drupadi

Sejatinya puring merupakan tanaman semak perdu yang kerap dijumpai di area pekarangan rumah, kebun, ladang, tepi jalan, bahkan hingga di area pemakaman. Tanaman puring atau croton ini memiliki nama latin Codiaeum Variegarum Bi, yang memang tumbuh subur di kawasan beriklim tropis seperti Indonesia.

Menurut informasi yang didapat, setidaknya ada 1.600 varietas jenis puring dimana masing-masingnya memiliki karakteristik berbeda. Mulai dari bentuk daun, corak, dan warnanya. Begitu pun dengan puring drupadi yang memiliki cira khas berbeda dengan jenis puring lainnya.

Ciri khas dari tanaman puring drupadi, yakni ukuran daunnya yang agak lebar memanjang dengan ujung lancip, serta mengusung warna hijau dengan bercak-bercak kuning. Jika dilihat sekilas, wujud puring drupadi ini memang tampak seperti daun buah mangga.

Manfaat Tanaman Puring Drupadi Untuk Kesehatan

Disamping fungsinya yang berperan sebagai tanaman hias, ternyata puring drupadi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat puring drupadi memiliki kandungan tanin yang bersifat antioksidan, antibakteri, antidotum, dan astrigensia.

Terlebih untuk kandungan antioksidannya yang bertugas untuk menangkal radikal bebas berahaya dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun mengenai beragam hasiat dari puring drupadi untuk kesehatan seperti berikut :

1. Dapat Meredakan Sakit Perut Pada Anak-anak

Manfaat pertama dari tanaman puring drupadi yang harus anda ketahui, yakni dapat meredakan sakit perut pada anak-anak. Lantas, bagaimana cara pengobatannya? Dalam hal ini, anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun puring drupadi yang masih muda.

Jika sudah demikian, segera cuci daun puring drupadi tersebut sampai bersih dengan air mengalir, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah teksturnya halus, oleskan pada area perut si kecil yang terasa sakit.

2. Dapat Meluruhkan Keringat

Tak hanya meredakan sakit perut pada anak-anak, ternyata daun puring drupadi juga bermanfaat untuk meuluhkan keringat lho. Untuk anda yang tubuhnya mudah berkeringat, maka hal itu bisa segera diluruhkan dengan meminum air rebusan daun puring drupadi.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda meminum air rebusan tersebut secara rutin sampai keringatnya keluar dengan normal.

3. Mampu Menghentikan Penyakit Sipilis

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa kandungan zat pada puring drupadi ini diyakini mampu menghentikan penyakit sipilis. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, maka harus memanfaatkan bagian batangnya.

Mengenai caranya, siapkan satu batang puring drupadi lalu rebus dengan 5 gelas air. Pastikan air jumlah rebusan tersebut disisakan setengah dari jumlah awalnya. Setelah itu angkat dan tiriskan, kemudian hingga habis sebanyak 3 kali sehari. Apabila rasanya terlalu pahit, anda bisa menambahkan gula pasir atau susu kental manis kedalamnya.

4. Mengatasi Masalah Cacingan

Manfaat berikutnya dari tanaman puring drupadi, yakni dapat mengatasi masalah cacingan. Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa masalah cacingan ini kerap dialami oleh kalangan anak-anak. Untuk mengatasi masalah tersebut, sediakan ranting puring drupadi secukupnya kemudian rebus hingga mendidih.

Setelah itu angkat dan tiriskan, lalu minumlah air rebusan tadi sampai habis sebanyak 3 kali dalam sehari.

Nah, itulah beragam manfaat dari tanaman puring drupadi untuk keshatan tubuh, sehingga bisa kita jadikan sebagai penambah wawasan.

Posting Komentar untuk " Keistimewaan Tanaman Puring Drupadi"