Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan Dengan Tanaman Puring Worten Beauty

Berkenalan Dengan Tanaman Puring Worten Beauty

Berbicara soal keindahan tanaman hias memang tidak pernah bosan dan tidak ada habis-habisnya. Ya, terang saja demikian, sebab ada banyak sekali jenis tanaman hias yang tersebar di seluruh dunia, dimana masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri.

Tingkat keindahan sebuah tanaman hias biasanya akan dinilai dari beberapa aspek, mulai dari warna, corak, bentuk daun dan bunga, dan  lain sebagainya. Puring menjadi salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak diminati, berkat tingkat keindahan warna dan corak yang dimilikinya.

Tak hanya memiliki penampilan yang indah, ternyata tanaman puring juga terdiri dari banyak jenis. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa tanaman puring diseluruh dunia bisa mencapai 1.600 varietas lho.

Akan tetapi, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas salah satu jenisnya saja, yakni yang bernama Puring Worten Beauty. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi tentang Puring Worten Beauty, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tentang Puring Worten Beauty

Sejatinya Puring Worten Beauty ini merupakan salah satu tanaman puring import yang keberadaannya sangat langka. Itu sebabnya, mengapa banyak para pecinta tanaman hias di tanah air yang mulai gencar membudidayakan Puring Worten Beauty.

Puring Worten Beauty mempunyai krakteristik daun berkukuran cukup lebar, serta mengusung perpaduan warna hijau dan merah. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika Puring Worten Beauty menghadirkan tampilan yang begitu sedap dipandang.

Pada umumnya, Puring Worten Beauty kerap dimanfaatlan sebagai pagar hidup atau untuk tanaman hias berkat tampilannya yang cantik. Dari segi harga, Puring Worten Beauty ini memang agak mahal jika dibandingkan dengan jenis tanaman puring lainnya.

Cara Menanam Tanaman Puring Worten Beauty Dengan Baik dan Benar

1. Melakukan Pembibitan

Cara pertama yang bisa anda lakukan dalam menanam tanaman Puring Worten Beauty, yakni melakukan pembibitan dengan tepat. Lalu, bagaimana caranya? Dalam hal ini, kamu harus melakukannya dengan cara menyetek pada batangnya ataupu dengan cara mencangkok.

Pilihlah batang bunga yang kuat dan sehat, kemudian lakukanlah dengan mengerok batang tersebut menggunakan pisau. Ya, hal itu bertujuan agar lendir pada batangnya keluar. Setelah lendirnya keluar, silahkan lap dengan menggunakan lap kering sampai hilang.

2. Tunggu Sampai Akarnya Muncul

Apabila pembibitannya melalui cara cangkok, maka setelah pencangkokan anda harus menutup bagian tersebut dengan kain atau plastik yang berlubang lalu diisi tanah. Setelah itu siram dengan air secara rutin sampai akarnya muncul.

Setelah akarnya mulai muncul, maka bibit tersebut sudah siap dipotong dari batang bunganya.

3. Menyediakan Media Tanah yang Subur

Poin terpenting dalam menanam Puring Worten Beauty, yakni menyediakan media tanah yang akan digunakan dalam jangka waktu 2 minggu sebelum proses penanaman. Disamping itu, pastikan lokasi penanamannya harus bersih dari gulma dan limbah.

Apabila media tanamnya adalah pot, maka anda harus menggunakan jenis tanah humus hitam. Tak hanya itu, pastikan juga tanahnya dalam keadaan bersih.

4. Penggemburan Tanah

Tahap berikutnya, yakni dengan melakukan penggemburan tanah dengan tepat. Penggemburan tersebut bertujuan agar udara bisa masuk kedalam tanah, sehingga menciptakan kelancaran untuk mendapatkan hasil panen yang sesuai keinginan.

Tak Cuma itu, proses penggemburan ini juga bertujuan untuk membersihkan media tanah dari kerikil dan rumput liar.

5. Lakukan Pemupukan

Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentunya anda harus mencampurkan tanah dengan pupuk, enrah itu pupuk organic maupun pupuk NHK dan pupuk sp36. Tujuan dari proses pemupukan tersebut, yakni agar kadar protein dan nutria tanah bagi pertumbuhan bunganya menjadi lebih sehat, dengan perbandingan komposisi 1:1.

6. Membuat Lobang Pada Media Tanah

Jika penanaman bunga Puring Worten Beauty dilakukan di media tanah yang luas, maka anda harus membuat lobang pada tanah tersebut dengan ukuran 5 cm hingga 10 cm. Lantas, apa tujuannya? Ya, tujuan ini agar tanaman puring bisa bertahan dalam jangka waktu lama dan pertumbuhan akarnya menjadi lebih kuat ketika diterpa angin kencang.

7. Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Tips berikutnya yang harus anda lakukan dalam menanam Puring Worten Beauty, yakni melakukan penyiraman secara rutin dan teratur. Puring Worten Beauty merupakan jenis tanaman hias yang membutuhkan banyak air, sehingga wajib dilakukan penyiraman secara rutin.

Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk menyiram Puring Worten Beauty ini di sore hari dan jangan di siang hari. Pasalnya, proses penyiraman di sore hari dapat membantu fotosintesisnya di pagi hari.

Nah, seperti itulah beberapa cara yang benar dan tepat dalam menanam Puring Worten Beauty, yang tentu saja harus anda praktekan sendiri dirumah.

Bagaimana, tertarik untuk merawat tanaman Puring Worten Beauty?

Posting Komentar untuk " Berkenalan Dengan Tanaman Puring Worten Beauty"