Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip Keindahan Tanaman Puring Vinola

 

puring vinola

Croton alias puring merupakan salah satu jenis tanaman hias yang kerap tumbuh di area pekarangan. Pada mulanya, keberadaan tanaman puring tidak terlalu dianggap. Seiring dengan berjalannya waktu, kini puring berubah menjadi salah satu tanaman hias yang paling banyak diburu.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tanaman puring memiliki nilai ekonomois yang cukup menjajikan lho. Biasanya tanaman puring tampil dengan beragam bentuk dan warna corak yang berbeda-beda. Adapun mengenai varian warnanya seperti merah, kuning, jingga, hijau, hitam, dan masih banyak lagi.

Begitu juga dengan bentuknya yang bervariasi, mulai dari bentuk oval, bergelombang, memanjang, mengeriting, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, bahkan cara perawatan tanaman puring tergolong cukup mudah lho.

Baca Juga : ReviewHarga Tanaman Puring Terbaru 2021

Dari sekian banyaknya jenis tanaman puring yang ada, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas salah satu jenisnya saja, yakni puring vinola. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Karakteristik Puring Vinola

puring vinola

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tanaman puring memiliki banyak jenis yang pada masing-masingnya tampil dengan karakteristik berbeda-beda. Begitu pun dengan puring vinola yang memiliki ciri khas tersendiri, sehingga menjadi pembeda dengan jenis-jenis puring lainnya.

Untuk ukuran daunnya, puring vinola mengusung daun dengan ukuran yang cukup lebar, sedangkan bentuknya cenderung oval memanjang dengan ujung yang agak lancip. Terdapat pula corak-corak pada permukaan daunnya yang berupa guratan-guratan garis.

Adapun mengenai perpaduan warna pada puring vinola ini, mulai dari hijau, kuning, merah, dan hitam. Disamping fungsinya yang sebagai tanaman hias, keberadaan puring vinola juga dapat mengusir polutan berbahaya di udara.

Itu artinya, merawat tanaman puring vinola akan membuat udara di sekitar rumah anda akan tampak lebih bersih dan menyehatkan.

Berbagai Masalah Umum yang Kerap Terjadi Pada Tanaman Hias

1. Warna Bagian Ujung Daunnya Berubah Menjadi Cokelat


Apakah anda sering melihat bagian ujung daun pada tanaman hias yang berubah menjadi warna cokelat? Ya, perubahan warna cokelat pada ujung daun tersebut memang menjadi salah satu masalah umum pada semua jenis tanaman hias.

Tapi anda tidak perlu khawatir, karena perubahan warna tadi bukan berarti tanaman hiasnya akan mati. Dalam hal ini, anda hanya perlu menggunting bagian ujung daun yang berubah warna. Menurut informasi yang didapat, perubahan pada ujung daun ini disebabkan kekurangan air.

Nah, setelah anda mengguntingnya, maka anda harus lebih giat lagi dalam menyiram tanaman hias tersebut. Hal itu jga berlaku bagi jenis tanaman puring vinola.

2. Warna Daun Menguning


Tak hanya warna cokelat, perubahan warna kuning juga menjadi permasalahan yang umum terjadi pada tanaman hias. Namun, menguningnya warna daun pada tanaman hias disebabkan karena anda terlalu banyak memberinya air.

3. Daun-daun Berguguran


Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa semua jenis tanaman secara alami akan gugur dengan sendirinya. Akan tetapi, apabila daun-daun yang bergugurannya semakin banyak, itu artinya suhu dalam ruangan rumah anda terlalu dingin.

Jika memang benar demikian, maka anda harus segera memindahkan tanaman tersebut ke area teras atau ruangan yang suhunya lebih hangat.

Artikel Menarik Lainnya : 9 Jenis Puring yang Paling Populer di Pasaran

4. Tanaman yang Tampak Layu


Apabila pada setiap helaian daun tanamannya terlihat pucat dan tidak lagi hijau, itu artinya ia kekurangan sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar matahari memiliki peran yang penting dalam proses fotosintesis tumbuhan.

Ketika sebuah tanaman kurang mendapatkan cahaya matahari, maka pigmen klorofil di dalamnya menjadi berkurang sehingga warnanya akan pucat. Akan tetapi, tanaman hias juga tidak boleh terkena paparan sinar matahari secara langsung karena daunnya bisa terbakar lho!

5. Tanaman Terlihat Tidak Tumbuh

Sudah dirawat dalam beberapa minggu, namun tidak ada perubahan pada ukurannya? Apabila anda mengalami masalah yang satu ini, coba perhatikan apakah disekitar tanamannya selalu banyak dihinggapi oleh serangga.

Menurut para ahli tanaman, yang menyebutkan bahwa larva serangga dapat menempel pada akar tanaman dan menyerap nutrisinya, sehingga dapat menghambat pertumbuhannya. Dalam mengatasi masalah tersebut, anda harus mengurangi frekuensi penyiraman agar bagian atas tanahnya tidak lembap.

Nah, itulah berbagai permasalahan umum yang kerap terjadi pada tanaman hias, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan penambah wawasan.   

1 komentar untuk "Mengintip Keindahan Tanaman Puring Vinola"