Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Inilah Wujud dan Karakteristik Puring Apel SRG

 

Wujud dan Karakteristik Puring Apel SRG

Selain menonton tv, bercocok tanaman pun menjadi salah satu kegiatan yang tepat untuk mengisi kekosongan waktu selama berada di rumah. Hal itu terbukti, yang mana penjualan tanam hias selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada setiap bulannya.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa ada banyak sekali jenis-jenis tanaman hias dimana masing-masingnya tampil dengan karakteristik berbeda-beda. Ya, mulai dari bentuk daun, warna, corak, motif, hingga harga.

Dari sekian banyaknya jenis tanaman hias yang ada, puring menjadi salah satu tanaman hias yang saat ini paling banyak diminati. Pasalnya, tanaman puring memiliki tingkat keindahan dan keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis tanaman hias lainnya.

Serba Serbi Tanaman Puring

Puring atau juga croton memiliki istilah latin, yakni Codiaeum Variegatum Bi, yang mana ciri khasnya berbentuk daun dan tidak memiliki bunga. Tampilan daun puring sangat berbeda dengan jenis daun pada umumnya, karena ia mengusung perpaduan warna dan corak yang begitu indah.

Terdapat beragam varian warna daun puring, mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, biru, ungu, dan masih banyak lagi. Bahkan yang lebih menariknya lagi, dalam satu daun saja bisa terdiri dari beberapa macam warna lho.

Baca Juga : Mengintip Keindahan Puring Vinola

Apalagi ditambah dengan corak-corak pada permukaan daunnya, sehingga tampilan tanaman puring ini benar-benar eksotis. Menurut informasi yang di dapat, keberadaan tanaman puring itu sendiri sudah sejak lama ada di Indonesia.

Tanaman puring terdiri dari banyak jenis, yang mana setiap jenisnya memiliki ciri khas berbeda mulai dari bentuk, warna, corak, hingga namanya. Nah, karena hal itulah yang membuat tanaman puring banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias, entah itu yang profesional maupun para pemula.

Akan tetapi, pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu jenisnya saja, yakni puring apel SRG. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Wujud Karakteristik Tanaman Puring Apel SRG

Jika dilihat dari wujudnya, Puring Apel SRG tampil dengan bentuk daun membulat lebar yang mana tekstur permukaannya agak licin. Saat usianya masih muda, Puring Apel SRG mengusung perpaduan warna dominan hijau dengan garis-garis merah pada bagia sisi daun.

Baca Juga : Mari Kita Berkenalan Dengan Puring Red Crazy

Ketika usianya sudah mulai tua, maka Puring Apel SRG akan menghadirkan perpaduan warna dominan hitam, merah, dan hijau. Menurut informasi yang didapat, Puring Apel SRG ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 250 ribuan untuk yang berukuran 50 cm.

Keunggulan dan Kekurangan Tanaman Puring Secara Umum

Pada dasarnya, setiap jenis-jenis tanaman hias memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. begitu juga dengan Puring Apel SRG yang memiliki beragam dan keunggulan. Adapun mengenai keunggulan dan kekurangan tanaman puring secara umum seperti berikut :

Keunggulan

  • Tanaman puring tampil dengan bentuk dan corak warna yang sangat bervariasi serta menarik
  • Dapat digunakan untuk tanaman hias outdoor sebagai penghias area halaman, atau lansekap bisa juga digunakan sebagai tanaman indoor untuk mempercantik ruangan rumah
  • Menyediakan berbagai varian dengan harga yang cukup terjangkau
  • Proses budi daya yang cukup mudah, seperti halnya menanam pohon ketela yakni dengan cara di setek saja, potong, dan tancap. Atau, puring juga bisa di budidayakan dengan cara di cangkok maupun di grafting (sambung)
  • Tanaman puring mudah disilangkan, sehingga bisa berdampak pada munculnya berbagai varian degan beragam bentuk serta warna yang begitu cantik
  • Memerlukan waktu untuk budidaya secara massal, sehingga eksistensi pada suatu varian dengan sendirinya bisa terjaga
  • Dapat berain di dua kelas pada akhirnya, yakni kelas koleksi atau lansekap
  • Harga bisa disesuaikan yang tergantung jenisnya.

Kekurangan

  • Meski mudah dibudidayakan, namun prosesnya bisa memakan waktu yang lama serta membutuhkan tempat luas untuk budidaya secara massal
  • Dikarenakan banyak sekali jenisnya, sehingga menimbulkan masalah terhadap penamaan pada masing-masing jenis puring. Bahkan, kemiripannya juga bisa terlihat dari bentuk, corak, dan warna, sehingga membutuhkan kejelian yang ekstra saat membelinya
  • Tidak semua hasil silangan bisa menciptakan varian yang sesuai dengan keinginan, entah itu dari segi warna, bentuk daun, dan coraknya
  • Memerlukan waku yang cukup lama untuk mendapatkan sebuah varian baru, mulai dari penyerbukan, penyemaian, dan pembesaran
  • Memerlukan perawatan tertentu, dikarenakan puring rentan terhadap berbagai permasalahan.

Nah, itulah beberapa keunggulan dan kekurangan tanaman puring secara umum, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.

 

Posting Komentar untuk "Seperti Inilah Wujud dan Karakteristik Puring Apel SRG"