Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa Indahkah Tanaman Puring Apel Busarin? Yuk, Kita Kepoin

 

puring apel busarin

Untuk para pecinta tanaman hias, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias yang bernama puring. Ya, terang saja demikian, sebab puring merupakan salah satu jenis tanaman hias paling populer di Indonesia.

Dalam ilmu biologi, tanaman puring lebih dikenal dengan istilah Codiaeum Variegatum BI. Sedangkan dalam bahasa Inggris, tanaman puring ini bernama Croton. Puring itu sendiri bisa dikatakan sebagai tanaman liar, karena keberadannya kerap ditemui di area pekarangan, jalanan, hingga area pemakaman.

Pada awalnya keberadaan tanaman puring tidak terlalu dianggap. Pasalnya, tanaman puring tidak memiliki nilai ekonomis. Namun siapa sangka, kini puring menjelma menjadi sebuah tanaman hias yang paling banyak diburu dan memiliki nilai ekonomis menjanjikan lho.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tanaman puring memiliki warna dan corak yang bervariasi sehingga terkesan eksotik. Tak hanya dari segi warnanya saja, bahkan bentuk daun puring juga sangat bervariasi. Mulai dari bentuknya yang bergelombang, panjang, melebar, bulat, dan lain sebagainya.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, tanaman puring memiliki ribuan jenis dimana masing-masingnya memiliki nama berbeda.

Artikel Menarik Lainnya : Ini Dia 9 Jenis Tanaman Puring yang Paling Populer di Pasaran

Akan tetapi, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas salah satu jenisnya saja, yakni puring apel busarin. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi tentang puring apel busarin, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  

Karakteristik Puring Apel Busarin

Untuk wujudnya, Puring Apel Busarin tampil dengan daun yang berbentuk bulat melebar dengan ukuran berkisar 20 – 30 cm. Bukan hanya itu, ia juga tampil dengan perpaduan warna berbeda, yakni merah (kadang pink / orange), hijau, kuning, dan corak hitam.

Hasilnya, perpaduan warna tersebut benar-benar menyuguhkan tampilan yang begitu indah dan eksotik. Tentu saja Puring Apel Busarin sangat ideal di tempatkan di area pekarangan atau teras, sehingga dapat mempercantik tampilan rumah anda.

Tak hanya untuk mempercantik tampilan rumah, keberadaan tanaman Puring Apel Busarin ini juga berfungsi untuk mensterilkan udara di sekitar lingkungan. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, ternyata Puring Apel Busarin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh lho.

Lantas, seperti apa sajakah manfaatnya? Adapun mengenai beragam manfaat tanaman puring untuk kesehatan tubuh seperti berikut :

  • mengatasi susah buang air besar
  • diare
  • demam
  • hingga penyakit sifilis

Baca Juga : MengintipKeindahan Puring Vinola

Keunggulan Puring Apel Busarin


  • Tanaman puring tampil dengan bentuk dan corak warna yang sangat bervariasi serta menarik
  • Dapat digunakan untuk tanaman hias outdoor sebagai penghias area halaman, atau lansekap bisa juga digunakan sebagai tanaman indoor untuk mempercantik ruangan rumah
  • Menyediakan berbagai varian dengan harga yang cukup terjangkau
  • Proses budi daya yang cukup mudah, seperti halnya menanam pohon ketela yakni dengan cara di setek saja, potong, dan tancap. Atau, puring juga bisa di budidayakan dengan cara di cangkok maupun di grafting (sambung)
  • Tanaman puring mudah disilangkan, sehingga bisa berdampak pada munculnya berbagai varian degan beragam bentuk serta warna yang begitu cantik
  • Memerlukan waktu untuk budidaya secara massal, sehingga eksistensi pada suatu varian dengan sendirinya bisa terjaga
  • Dapat berain di dua kelas pada akhirnya, yakni kelas koleksi atau lansekap
  • Harga bisa disesuaikan yang tergantung jenisnya.

Kekurangan Puring Apel Busarin

  • Meski mudah dibudidayakan, namun prosesnya bisa memakan waktu yang lama serta membutuhkan tempat luas untuk budidaya secara massal
  • Mengingat banyak sekali jenisnya, sehingga menimbulkan masalah terhadap penamaan pada masing-masing jenis puring. Bahkan, kemiripannya juga bisa terlihat dari bentuk, corak, dan warna, sehingga membutuhkan kejelian yang ekstra saat membelinya
  • Tidak semua hasil silangan bisa menciptakan varian yang sesuai dengan keinginan, entah itu dari segi warna, bentuk daun, dan coraknya
  • Memerlukan waku yang cukup lama untuk mendapatkan sebuah varian baru, mulai dari penyerbukan, penyemaian, dan pembesaran
  • Memerlukan perawatan tertentu, dikarenakan puring rentan terhadap berbagai permasalahan.

Demikianlah ulasan singkat seputar tanaman puring apel busarin dan seluk beluknya. Bagaimana, apakah anda berminat untuk merawat tanaman puring apel busarin?

 

Posting Komentar untuk "Seberapa Indahkah Tanaman Puring Apel Busarin? Yuk, Kita Kepoin"