Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puring Ayu Ting Ting Semakin Banyak Diburu Oleh Para Pecinta Tanaman Hias

 

Puring ayu ting ting

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan Ayu Ting ting? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan penyanyi dangdut yang satu ini. Berkat kepopulerannya, nama Ayu Ting Ting pun disematkan pada salah satu jenis tanaman puring lho.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar tanaman Puring Ayu Ting Ting. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Ciri Khas Puring Ayu Ting Ting

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tanaman puring itu terdiri dari banyak jenisnya. Tentu saja pada masing-masing jenis puring tersebut memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari bentuk daun, warna, motif, hingga nama.

Begitu juga dengan Puring Ayu Ting Ting yang memiliki pembeda dengan jenis puring lainnya. Dari ukuran daunnya, Puring Ayu Ting Ting tampil dengan ukuran yang cukup besar melebar, sedangkan bagian ujungnya tampak melancip.

Adapun perpaduan warna yang di usungnya seperti kuning, ,hijau, pink, hijau tua, dan merah. Lantas, bagaimana dengan harganya? Menurut informasi yang di dapat, bibit Puring Ayu Ting Ting dibanderol dengan harga sekitar Rp 90 ribuan. 

Asal Usul Tanaman Puring


Menurut catatan sejarah, tanaman puring untuk pertama kalinya di temukan di wilayah laut Seram, Maluku pada tahun 1600 silam lalu. Memasuki tahun 1804, tanaman puring mulai dikenal didataran Eropa atau tepatnya di London yang terkenal degan nama croton.

Berkat kecantikan dan keindahan yang dimilikinya, tanaman puring pun membuat kaum bangsawan Inggris jatuh cinta. Itu sebabnya, mengapa tanaman puring di Inggris di juluki dengan nama King of Plant.

Setelah Berjaya di Amerika dan Eropa pada abad ke 18, barulah muncul puring varietas baru yang merupakan hasil persilangan oleh para petani tanaman hias di Asia. Namun, mengenai kapan tahun kemunculan varietas puring baru tersebut tidak ada informasi yang akurat.  

Kendati demikian, dalam perkembangannya saat ini ada banyak bermunculan varietas baru yang tampil lebih indah. Ya, diantaranya seperti jenis puring apel merah dan puringkura-kura asal Thailand. Kemudian ada dust ruby asal Filipina, puring tokek asal Malaysia, puring Oscar, puring concord dari Indonesia dan Brazil.

Puring atau juga croton memiliki istilah latin, yakni Codiaeum Variegatum Bi. Ciri khas dari tanaman puring ini berupa wujudnya yang berbentuk daun dan tidak memiliki bunga. Sangat berbeda dengan jenis daun pada umumnya, dimana daun puring ini tampil dengan warna dan corak yang begitu indah.

Adapun mengenai berbagai varian warna daun puring, mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, biru, ungu, dan masih banyak lagi. Bahkan yang lebih menariknya lagi, dalam satu daun saja bisa terdiri dari beberapa macam warna lho.

Baca Juga : Puring Kura

Belum lagi dengan corak-corak pada permukaan daunnya, sehingga tampilan tanaman puring ini tampak begitu sedap dipandang. Menurut informasi yang di dapat, keberadaan tanaman puring itu sendiri sudah sejak lama ada di Indonesia.

Biasanya tanaman puring tumbuh di area pekarangan, pinggir jalan, hingga area pemakaman. Nah, karena factor tersebutlah yang menjadi awal mengapa tanaman puring selalu dianggap remeh. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak masyarakat yang mulai menyadari tingkat keindahan pada tanaman puring.

Tak lama kemudian, tanaman puring pun mulai banyak dibudidayakan dan dijadikan sebagai tanaman hias yang memiliki nilai ekonomis menjanjikan. Biasanya tingkat kemahalan harga puring akan dinilai dari hasil warna serta bentuknya.

Baca Juga : Mengintip Keindahan Tanaman Puring Vinola

Tanaman puring terdiri dari banyak jenis, yang mana masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari bentuk daun, warna, corak, hingga nama-namanya pun berbeda lho. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu jenisnya, yakni berupa puring kura-kura.

Demikianlah ulasan singkat seputar tanaman puring Ayu Ting Ting dan asal usulnya, sehingga bisa ita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.

Posting Komentar untuk "Puring Ayu Ting Ting Semakin Banyak Diburu Oleh Para Pecinta Tanaman Hias"