Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puring Dewi Persik: Si Cantik nan Eksotik

 

puring dewi persik

Kegiatan merawat tanaman hias semakin banyak digandrungi oleh masyarakat, entah itu yang ada di perkotaan maupun pedesaan. Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan kegiatan bercocok tanam hias memiliki beragam manfaat.

Selain dapat mempercantik tampilan rumah, merawat tanaman hias juga bisa dijadikan sebagai terapi untuk mengusir rasa jenuh. Ya, dengan merawat tanaman hias, kita pun ada kegiatan positif yang dapat meningkatkan kreatifitas.

Bukan hanya itu, bahkan keberadaan tanaman hias juga dapat mengusir polutan berbahaya di udara lho. Alhasil, keberdaan tanaman hias ini akan membuat udara di sekitar rumah tampak lebih segar dan sehat.

Dari sekian banyaknya jenis tanaman hias yang ada, puring menjadi salah satunya yang paling banyak diminati. Mengapa demikian? Pasalnya, puring memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis tanaman hias lainnya.

Menariknya lagi, tanaman puring terdiri dari banyak jenis yang masing-masingnya tampil dengan karakteristik berbeda-beda.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu jenisnya, yakni puring Dewi Persik. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Karakteristik Puring Dewi Persik

puring dewi persik

Meskipun saat ini ada banyak sekali jenis puring hasil silangan baru, namun puring Dewi Persik masih menempati sebagai tanaman hias kelas atas. Ya, sesuai dengan namanya, dimana jenis puring yang satu ini memiliki tampilan yang begitu cantik dan indah dipandang seperti puring Dewi Persik.

Usut punya usut, ternyata ada kisah yang cukup menarik mengenai awal mula pemberian nama puring Dewi Persik. Menurut informasi yang di dapat, ada seorang kolektor tanaman hias yang membeli aglaonema dai bapak Gandung Paryono.

Nah, pada pot tanaman aglaonema tersebut tampak tumbuh pohon puring dari bijinya. Menarikya lagi, ternyata biji puring tadi adalah hasil persilangan yang tak sengaja terjatuh, kemudian jadilah puring Dewi Persik.

Mengenai karakteristiknya, puring Dewi Persik ini tampil dengan daun berukuran cukup lebar serta bagian ujungnya cenderung lancip. Bukan hanya itu, puring Dewi Persik juga tampil dengan perpaduan warna berbeda-beda, seperti merah, hitam, hijau, kuning, dan hijau tua.

Fakta Seputar Tanaman Puring

1. Terdiri Dari Banyak Jenis

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa puring merupakan jenis tanaman hias yang terdiri dari banyak jenis. Menariknya lagi, pada masing-masing jenis tanaman puring ini memiliki ciri khas tersendiri lho. Ya, mulai dari bentuk daun, corak, warna, hingga namanya pun berbeda-beda.

Baca Juga : Mengupas Tuntas Tentang Puring Oscar

2. Kerap Dikaitkan Dengan Mitos yang Berbau Mistis

Sejatinya puring ini merupakan jenis tanaman liar yang kerap tumbuh di area pekarangan, halaman, pinggir jalan, dan pemakaman. Nah, karena itulah yang membuat tanaman puring selalu dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Sebaliknya, justru tanaman puring memiliki tampilan yang begitu indah sehingga sering di buru oleh para pecinta tanaman hias.   

3. Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Selain berfungsi sebagai tanaman hias, ternyata tanaman puring juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ya, manfaat pertama dari tanaman puring yang harus kalian ketahui, yakni dapat mengatasi masalah cacingan.

Nah, jika kamu memiliki masalah cacingan, segera sediakan beberapa daun puring yang masih muda, kemudian cuci sampai bersih lalu rebus. Dikarenakan air rebusan daun puring ini memiliki rasa pahit, kamu bisa menambahkannya gula pasir atau susu kental manis. Setelah itu, barulah minum air rebusan puring tersebut sampai habis.

Baca Juga : Mengintip Keindahan Tanaman Puring vinola

Tak hanya dapat mengatasi masalah cacingan, bahkan daun puring pun sudah terbukti efektif untuk mengobati sakit perut lho. Cara pengobatannya tidak berbeda jauh dengan cara pertama tadi, yang mana kamu hanya perlu meminum air rebusan puring tersebut sampai habis.

4. Puring Memiliki Kandungan Toksin (Racun)

Meski berkhasiat untuk berbagai kesehatan, buktinya ada beberapa jenis tanaman puring yang memiliki kandungan toksin alias racun. Menurut informasi yang di dapat, tanaman puring mengandung zat racun bernama deoxy ingenol.

Apabila tanaman puring tertelan, maka racun tersebut akan menimbulkan efek panas pada mulut dan tenggorokan. Bukan hanya itu, bahkan getah puring juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

Demikianlah ulasan singkat mengenai puring puring Dewi Persik beserta fakta-faktanya.

Untuk kamu yang ingin tahun tentang daftar harga puring terbaru,

silahkan klik -> Review Daftar Harga Tanaman Puring Terbaru 2021

Posting Komentar untuk "Puring Dewi Persik: Si Cantik nan Eksotik"